Skip to content

Es Jus Pertama di Salatiga

4 Mei 2012

Pada akhir 60-an, tepatnya 1969, ketika Orba baru merangkak, juice adalah sesuatu yang baru. Apalagi untuk kota sekecil Salatiga. Nah, penjual es jus pertama di Salatiga adalah toko Abadi.

Setahu saya itu toko kecil dekat Sanggar Pramuka (eks-sekolah Tjung Hwa Kung Hwi), Jalan Solo, itu menjual aneka barang kelontong, sejak kasur sampai termos. Aneh juga, kenapa tiba-tiba menjual minuman. Mungkin karena peluang bisnis. Di sanalah untuk pertama kali saya mencicipi yang namanya es jus. Harga segelas Rp 25.

Uang Rp 25 itu setara apa ya? Yang saya ingat, uang Rp 5 rupiah bisa buat jajan. Malah dua tahun sebelumnya, 1967, harga segelas wedang serbat yang dijajakan dalam gentong kecil itu “telung suku” atau “tiga suku”,  setara Rp 1,50 rupiah. Ya, satu suku adalah 50 sen.

Kembali ke es jus yang mahal itu, apa kesan saya? Aneh, enak, baru. Saya memesan jus lengkeng. Tapi saya lupa, banyak airnya atau tidak. Yang jelas saya saat itu merasa telah mencicipi kemajuan.😀

From → Nostalgia

7 Komentar
  1. jaman saya paman, 5 perak dapat permen coklat isi wafer. bentuknya mirp apa ya sekarang biskuit coklat bunder bunder itu. 50 perak dapat es sirup rasa jeruk pake es dalam plastik plus sedotan.. sama roti tawar isi kelapa atau srikaya.

    • ApplausR: Wafer cap Superman atau wafer yang dibungkus kertas kaca dengan balutan pita merah?🙂
      Weh, Rp 50 perak waktu itu sudah dapat jajanan mengenyangkan ya?

  2. Es jus adalah minuman yang mewah… hehe

    • Westnu: Sekarang juga masih. Di rumah2 makan, margin es jus itu gede lho😀

  3. sarsulistyo permalink

    Di salatiga punya 3 kali (sungai) yg terkenal, yaitu: Kali Taman, Kali Benoyo, dan Senjoyo (petilasane Joko Tingkir…jarene lo). Karena rumah saya deket bahkan Mepet Kalibenoyo, ya jd inget lah. Kali Benoyo terletak di kampung Ngentak, tidak jauh dari Kali Taman, di Kali Benoyo banyak anak2 dari luar kampung Ngentak sering secara rombongan “adus” rame-rame di Kali Benoyo, terus kalo mandi telanjang alias “udoh”, jadi kalo anak laki-laki pada kelihatan titit nya semua (gak porno lo….), karena saking ramenya anak2 yg mandi (kalo rame biasanya hari minggu)

  4. He he he dadi kelingan nalika isih cilik tahun 60 an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: