Skip to content

Honda Mini: Angkot Pertama Salatiga (?)

13 Agustus 2010

Mendengar nama “Honda Mini” pada tahun 70-an, orang Salatiga langsung paham bahwa itu adalah mobil angkutan umum, bukan sepeda motor. Bukan Honda mini trail CT70 tapi sebangsa Honda TN360 (berapa cc? < 500?). Replika diecast-nya semoga sudah Anda punyai karena Tomica maupun Ebbro pun bikin. Kalau Anda belum punya silakan ke e-Bay.🙂

Di Facebook (akun Bambang Ismanto) saya temukan foto Honda Mini itu. Karena ada warung soto Soponyono dalam gambar, mungkin saja mobil kecil berupa pikap itu masih mangkal di depan Pasar Baru, sebelum pindah ke Taman Sari.

Saya lupa kapan sejak kapan Honda Mini tersingkir, digeser oleh Daihatsu dan sejenisnya — serta tentu saja Colt. Sekitar 1977/78 barangkali? Tolonglah kalau ada yang ingat dan punya data.

Mulai kapan Honda Mini menemani dokar pun saya tak ingat secara pasti. Tahun 1970 seingat saya belum ada. Tahun 1971? Saya hanya ingat saat ada Pemilu (tanggal 3 Juli), dan hal baru yang saya kenal adalah organisasi bernama Golkar serta motor Honda S90 pelat merah yang banyak dibagikan kepada pegawai negeri.

Pada 1972 saya ingat sudah ada Honda Mini itu. Trayeknya tidak jauh, hanya sampai ke batas kota. Misalnya dari Taman Sari ke Tlogo (Damatex). Tapi dengan mobil sekecil itu, dua guru saya mengajak sebelasan murid pergi ke Yogya!

Mungkin karena penumpangnya bertubuh kecil maka mobil mungil berupa pikap beratap kanvas itu sanggup mengangkutnya.Gerah juga selama perjalanan, tapi adanya itu mau apa?

Mobil angkutan umum entah trayek mana itu milik satu dari tiga putra Van der Swan (Muhati) yang berumah di Jalan Beringin (Pattimura), dekat pertigaan dengan Jalan Kalisumbo. Yang saya maksud tiga putra itu adalah Aladdin, Abu Nawas, dan Ali Baba. Adik mereka, Agus Benyamin (teman sekelas) jelas belum memiliki mobil, begitu pula si bungsu Adonis.

Anda punya ingatan apa tentang Honda Mini di Salatiga?

© Hak cipta foto belum diketahui

Note

Nostalgia lain: Taksi, Florist, Salon, dan Piringan Hitam di Salatiga

From → Nostalgia

21 Komentar
  1. bambang aris permalink

    Wah, saya pernah menangi Honda Mini ini waktu masih SD tahun 1980-an awal dan lupa-lupa ingat sekitar akhir 1970-an. Duduk empet-empetan di belakang dengan dihiasi suara berisik mesinnya (perasaan lebih nyaring ketimbang suara Suzuki truntung).
    Waktu SD juga di SD Marsudirini 77, Jalan Seruni, saya pernah pulang sekolah siang-siang kehujanan dan di dekat sekolah itu ada sebuah “bangkai” Honda Mini yang ndhongkrok, dan di sanalah saya berteduh sampai hujan agak reda.

  2. bani permalink

    alhamdulillah jadi tau,kenapa emak ku manggil angkot kok honda mini,nak semarang luwih lucu neh,nyeluke daihatsu

  3. ohh…. angkotnya bagus ya

  4. DJOKO permalink

    aku ingat sekitar tahun 70 an honda mini ini beroperasi dari salatiga ke daerah tlogo, blotongan, grogol, kembangsari, ngawen, macanan bahkan sampai ambarawa lewat pemandian muncul + banyubiru. dulu terminalnya depan adabaru supermarket ( dulu namanya masih toko ADA jual kain ) sekitar toko buku koekoeh soebardi terus pindah di tamansari kemudian pindah ke shoping tarifnya masih Rp50

  5. satya hendro permalink

    Wah, aku jadi inget Bapak ku dulu, karena alm bapakku sopir angkot, dan kita punya dulu mobil angkot Honda TN kaya begitu…..

  6. BoeD permalink

    Ayah saya adalah salah satu pengemudi sekaligus pemilik angkot pertama. Dulu angkot hanya dimiliki oleh pemkot dan ayah saya bertugas untuk mengemudikannya. Seangkatan dengan beliau adalah pemilik (ayah memanggil dia Peng Tjoan) Soto Kesambi di jalan Gladagan (jalan kecil di seberang BCA). Pertama kali tarifnya hanya Rp5.

  7. Saya masih memiliki Honda Tn-3 van ex PG.madukismo yogyakarta
    berikut Link nya:
    http://www.flickr.com/photos/gebyok_gapura_ukir/

    • mas enk permalink

      kok abis link nya dibuka ngga ada Honda TN nya …………?????
      yang ada malah iklan laen…..

  8. asep permalink

    memang mobil ini sempat jaya juga di bandung sebagai angkot, sehingga para ortu sampai skrg masih menyebut naik honda darpada naik angkot. mobil ini memiliki suara mesin yang khas, karena posisi mesinnya mendorong di belakang, aku masih sempat menikmati kuda ini waktu SD awal 70 an.

  9. ivan permalink

    ini beneran merk honda ato cm sebutan masyarakat aja?
    soale ko ga ada bangkainya sm sekali yah sekarang…
    beda kan sm kijang kotak ato suzuki kan masih ada yg pake skr..
    sedangkan honda mini ga ada sama sekali

    • ady mertopo permalink

      coba adja ke bandung selatan….masih banyak kayaknya

  10. rudyw permalink

    jd inget honda mini WKT KECIL yg suaranya KHAS spt mobil ngeden n jalannya pelan hehe…trayek satu2nya yg msh ada adalah jurusan taman sari- grogol wkt itu aku smp klas 2 (th’85) tinggal 2-3 unit….. kenangan ..

    • Rudyw: Tahun 85 masih ada ya?
      Tamansri-Grogol itu lewat manà sàja ya kok saya jarang lihat padaha rumah saya dekat pertigaan Kalinongko?

    • Rudy W permalink

      Antyo_tmn sari-lap. pancasila-jl.brigjend. sudiarto-belok jl.kalinongko-jl. osma (zenith)-arah dukuh/karangalit juga bisa…emang tinggal 1/2 unit aja

  11. Totok ORX permalink

    Kalau yang ke muncul sampai ambarawa adalah mobil colt, bukan honda mini, honda mini yang ke arah sana hanya sampai sraten

  12. Rudy W permalink

    saya juga masih menangi waktu tk (1977), SD (1978-1983) bahkan smp pun masih ada jur grogol-tamanasri tp hanya 1 unit..emang mobilnya merk honda & bodinya mini apl suaranya yg berisik

  13. Pramono permalink

    Saat ini saya sedang proses restorasi honda tn7 / honda mini tahun 1975, namun masih butuh banyak bimbingan khususnya untuk bagian mesin, kalau ada para sesepuh yang sudah berpengalaman, boleh hubungi saya di 085697267845. terima kasih

  14. N Timbul permalink

    Saya jg masih inget…….klo d ajak ke pasar plgnya naik honda mini jurusan blotongan, sktr th 78 / 79

Tinggalkan Balasan

