Skip to content

Min Kebo, Mbok Nyai & Maryuni

1 November 2008

Ketiga tokoh itu bukan personel grup musik trio. Pada zamannya mereka dikenal oleh hampir seluruh warga kota. Ketiganya adalah, maaf, orang gila.

Begitu kecilnya kota, dan begitu sedikitnya penduduk, sehingga nama ketiga orang gila yang menggelandang itu pun lebih dikenal ketimbang nama ketua DPRD maupun danrem dan kapolres.

Mereka “berjaya” tahun 60-an sampai akhir 70-an. Tapi yang saya ingatnya Min Kebo. Bertubuh besar, selalu berpakaian tebal karena penuh tambalan yang ditumpuki tambalan.  Adapun Mbok Nyai dan Maryuni, saya kurang ingat sosoknya.

Siapakah mereka sesungguhnya? Tak ada yang tahu. Petugas kantor sosial mungkin lebih kenal.

From → Nostalgia

11 Komentar
  1. maryuni, sampek saiki jeh eksis..
    deweke mbiyene tau sekolah nang skp mboh taun piro???
    sing rodo ngetren meneh icon solotigo yo “giuk”
    saiki generasine ganti “IIS GUNDUL”

    • heru permalink

      yo,….. kelingan aku,…. giuk………. setelah maryuni

  2. Anto: Maryuni masih hidup? Pasti sudah sepuh banget ya.
    Giuk orang Beringin, saya masih ingat.
    Kalo Iis Gundul saya belum tahu🙂

  3. tosan permalink

    maryuni saiki sering mlaku bareng iis gundul iku ….
    koyone iis saiki dadi IO ne yae ya🙂

  4. Jokowo permalink

    Spesifikasi mbok nyai kuwi neng endi endi tansah nggowo asune, deweke marah-marah yang dibedo “belanda keok”.

    • Jokowo: oh bawa anjing ya? Saya malah lupa. Sebutan nyai konon memang karena dia dulu nyai dari seorang tuan belanda

  5. Budi Gondrong permalink

    Sekedar info, kalo ga salah, Maryuni itu yg aku tahu rumahnya sekitar jl. Penjawi (arah sembir), dulu dekat SD Sidorejolor 4, SD ku th 1986. Rambute kriting & suka bergincu. Sabane Terminal bis soko..
    Lha kalo sejarah e Sembir, ada yg tahu ?

    • Budi: oh rumahnya arah Mbugel sana?
      Sejarah Sembir saya kurang tahu, selain sebatas cerita bahwa sebagai lokalisasi itu baru muncul tahun 68/69, dengan pemuka lokal Pak Samad.🙂

  6. fina permalink

    Maryuni udah meninggal minggu 14 juli 2013, kbetulan rmh nya sebrangan sm aku🙂 dan td smpt liat iis gundul n temen nya yg cowok msh muda menyambut kdatangan jenazah maryuni yg dibawa ambulans rsu sala3.

Tinggalkan Balasan

