Skip to content

Toko Buku: Dari Kukuh Subardi sampai Book Store

29 Oktober 2008

Paling top ya seperti diceritakan Nana: Kukuh Subardi. Ini nama pemilik yang menjadi brand. Orangnya berambut ikal disisir ke belakang, berkumis, kalau menanyai anak sekolah (pembeli) yang bingung kadang seperti guru menegur murid. Terhadap Pak Kukuh saya selalu ber-krama inggil.

Kukuh Subardi (KS) itu lumayan komplet, terutama untuk buku pelajaran SD sampai SMA. Selain “buku teks”, KS juga menjual majalah dan serial Api di Bukit Menoreh-nya S.H. Mintardja.

Selain itu? Blanko undangan berbahasa Jawa yang berjudul “Hulem”, dicetak di atas HVS 60/70 gram, dengan teknik letterpress (bukan offset), untuk diisi sendiri oleh pembeli. Sayang pada awal 90-an barang ini sudah lenyap padahal saya ingin memilikinya.

KS berlokasi di Pasar Anyar, kemudian pindah ke dekat Tamansari. Dagangannya padat sesak, sebagian digantung. Salah satu relawan penjaga adalah Nos (Ratno), teman anak Pak Kukuh. Salah satu ciri khas Nos adalah cincin akik yang besar. Pada 1984, salah satu anak Pak Kukuh masuk di iklan pengumuman dalam koran. Dia memenangkan seperangkat hi-fi Nakamichi (bukan kompo maupun mikro) dari krim rambut (kalau bukan Brisk ya Brylcreem). Nakamichi! Keren! Hadiah kedua atau ketiganya adalah rig radio CB (citizen band).

Selain KS ada toko buku lain, yaitu Menara (dekat GKI) dan Scorpio (seberang Reksa). Sayang stok Menara akhirnya tak sekaya pesaing. Adapun Scorpio pada mulanya lengkap, tapi lama-lama surut. Padahal di situlah saya dulu mendapatkan buku-buku terbitan Gramedia dan Sinar Harapan.Setelah ada “shopping center“, penyedia buku bertambah. Ada toko kecil di sana, saya lupa namanya. Pemiliknya adalah bekas penjaga toko buku Gunung Agung di Yogya saat ayah saya masih muda. Mereka berdua saling tahu.

Nah untuk majalah, belum ada yang mengalahkan Eko Agency di Taman Sari. Kios ini sedia pelbagai media cetak bahkan dulu menjual Time dan Newsweek segala. Pada 1990, ada toko kecil dekat Hotel Beringin, yang membawa nama toko buku Gramedia. Saya tak tahu kelanjutan toko ini.

Tapi di luar itu semua, dari 1973 sampai 1980, sebetulnya ada toko buku kecil yang kurang diketahui khalayak. Namanya Book Store (lho?), di University Center UKSW, bertetangga dengan kafetaria (sebelum kafetaria itu pindah dari UC). Majalah sastra Horison tersedia di sana dan hanya toko itu yang menjual.

From → Nostalgia

6 Komentar
  1. heru permalink

    …mas, kok tau mas Nos (Ratno),… nama panjangnya Nosh Charanos Abortus Palawija,…. ..he,..he.. itu sudah seperti saudara di keluarga saya……

  2. heru permalink

    …memang jaman semono, di salatiga hanya toko2 tertentu yg jual barang tertentu secara lengkap. Toko majalah taunya Kukuh Subardi, toko buku -Dirgahayu, Scorpi, & Menara, toko alat elektronik – Mikro, toko jam – OHH, toko bangunan – Feng Tek, toko kain – Ada, toko asinan – Ria, toko roti – Tegal , Indra, dua-dua. Toko sepatu – Santoso, Bata, toko mbako – Eco, toko alat2 olahraga – Toko Laris….

    • Heru: sayang Toko Eco punah. Milik keluarga Ong. Mereka sempat pindah ke Jl. ksatrian, di tempat yg sekarang buat roti Wonder

  3. Guntur permalink

    Komik superhero amerika terbitan Cypress juga dijual di toko Kukuh Subardi…:D

  4. Gramedia sebelah hotel Beringin sekarang jadi galeri sebuah provider seluler. Sebelumnya sih jadi TB Kharisma dulu.
    Salam kenal, saya lagi jalan-jalan.

  5. verisa permalink

    Permisi, numpang tanya, dimana tempat penjualan alat2 lukis (seperti kanvas, cat air, dll) di Salatiga? Saya pendatang jd belum paham lokasi2 di Salatiga. Tolong informasinya, saya sangat membutuhkn. Terimksh bnyk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: