Skip to content

Salatiga = Indonesia Mini?

29 Oktober 2008

Sekian lama, sampai akhir 90-an, Salatiga diyakini warganya sebagai Indonesia mini. Karena ada UKSW (dulunya PTPG), banyak mahasiswa luar Jawa yang sekolah di sana, sehingga di kota kecil yang cuma satu kecamatan itu warganya terbiasa dengan keragaman suku.

Tapi betulkah itu miniatur Indonesia? Belum sih. Beragam suku yang bersekolah di sana kebanyakan adalah orang Nasrani. Itulah sebabnya dalam pengalaman saya waktu kecil saya belum pernah bersua orang Aceh maupun Bugis.😉

Tidak, saya tidak meniupkan sentimen negatif SARA. Ini cuma sketsa berdasarkan ingatan yang rapuh.

Begitu kurang lengkapnya Salatiga sebagai miniatur sehingga saya tahu ada masakan padang dan rumah makan padang pada 1979. Pelopornya adalah toko pakaian Baretta, di Jalan Jenderal Sudirman, kira-kira seberang Toko Santosa. Bersebelahan dengan toko milik orang Minang itu ada kedai nasi padang.

Meskipun kurang lengkap, dari miniatur itu saya mengenal orang Nias, Toraja, Poso, Timor, Sumba, dan Papua. Salah satu mahasiswa generasi awal Papua adalah Oom Fred (saya lupa nama marganya), terakhir bekerja di Pemkot (dinas pemadam kebakaran?). Dari Oom Fred, ketika dia bertandang ke rumah* (saya masih bocah), saya mendapatkan aneka cerita lucu tentang pengalamannya sebagai pendatang di Salatiga.

Di Salatiga pula, tepatnya UKSW (ketika belum ada balairung/university center), saya mengenal tarian cakalele dalam malam kesenian dies natalis di Gedung B.Kota itu mengajari saya tentang keragaman. Saya pun terbiasa bergaul dengan aneka suku termasuk keturunan Cina –– suatu hal yang belum didapatkan oleh teman dari kota lain. Saya mensyukuri itu semua.

*) Dulu rumah saya sering dikunjungi mahasiswa yang bertamu ke ayah saya

From → Nostalgia

One Comment
  1. heru permalink

    …waktu SD klas 4 (?), saya pernah ikut latihan karate INKAI, latihannya di Sanggar Pramuka (dekat Toko Tegal, sebelum belok ke A.Yani),… cuma sampai ban kuning. Pas masih band putih, band kuningnya ada Roy Marten. … Pelatihnya (simpei) nya yang ngetop mas Luce (UKSW) dari IBT, da juga Om William,..kayaknya dari IBT juga,…. band coklat semua…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: